Friday, August 12, 2011

Sate Ayam Sokaraja

Bagi Anda penggemar sate ayam, Anda harus mencoba kelezatan sate ayam yang satu ini. Selain rasa daging sate ayamnya yang lezat, aroma bumbunya juga harum sekali. Sate apakah ini?
Yup, namanya adalah Sate Ayam Sinar Jaya Sokaraja. Dulunya bernama Sate Ayam Sokaraja, tetapi karena banyak sekali yang menggunakan nama yang sama, pemilik aslinya mengubah namanya dengan nama Sate Ayam Sinar Jaya Sokaraja.
Kenapa memilih nama Sate Ayam Sinar Jaya Sokaraja? Karena lokasi berjualan sate ayam ini adalah di Jalan Jenderal Sudirman, Sokaraja. Di depannya terdapat tempat keberangkatan bus ke luar kota (Jakarta dan lain-lain) dan bus tersebut bernama Sinar Jaya. Makanya, kini digunakan nama Sate Ayam Sinar Jaya Sokaraja. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya.
Sokaraja sebenarnya adalah nama sebuah kota kecil di pinggir Purwokerto (Banyumas, Jawa Tengah), kira-kira 3 kilometer dari Purwokerto. Selain sate ayam yang terkenal ini, Sokaraja juga terkenal dengan soto dan getuk gorengnya.
Lain kali DoyanMakan.com akan meliput soto sokaraja dan getuk gorengnya, tetapi pada kesempatan yang sekarang kita hanya akan mengulas sate ayamnya yang khas itu. Saya sudah sering sekali makan di sini dan rasanya tidak pernah bosan untuk terus menyantapnya setiap kali pergi ke Banyumas.
Jam buka Sate Ayam Sinar Jaya Sokaraja mulai jam 16.00 sampai dengan waktu yang tidak menentu. Sampai satenya habis saja, ujar penjualnya. Terkadang dalam dua jam saja sate-sate tersebut sudah terjual habis. Bahkan, saat DoyanMakan.com mampir untuk mencicipi sate khas Sokaraja ini, satenya sudah hampir habis. Padahal, kami datang jam 17.30. Dalam satu hari mereka bisa menjual sekitar 3.000 tusuk. Walah, bagaimana rasanya itu membakar sate sampai 3.000 tusuk.
Sate ayam sokaraja disajikan dengan lontong dan kuah gulai yang diberi bumbu kacang. Unik, kan? Biasanya sate ayam hanya disajikan dengan lontong dan bumbu kacang, tetapi di Sokaraja ini diberi kuah dan di atasnya diberi taburan bawang merah goreng. Mantap bener rasanya, benar-benar lezat. Daging ayamnya empuk, kuahnya lezat, bumbu kacangnya pun terasa enak sekali. (Yudi)



Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment