Tuesday, August 6, 2013

Plengkung Banyuwangi di Kuta




Akhirnya kami tiba di Bali, sebelum check in ke hotel, kami ingin makan siang dulu karena sudah lapar sekali. Dalam otak saya langsung terpikir makan makanan khas Bali. Tetapi kemudian teman saya, Mas Komang, mengajak ke Rumah Makan Plengkung Banyuwangi.
Mmm... Plengkung Banyuwangi, tapi ada di Bali? Kenapa ada nama Banyuwangi-nya ya? Banyuwangi kan nama salah satu kota yang ada di Jawa, membuat saya bertanya-tanya dalam hati.... Well, ok deh.... Saya menurut saja, he-he-he....
Yup, menurut Mas Komang, Plengkung sudah menjadi salah satu tempat tujuan wisata kuliner orang-orang jika berkunjung ke Bali. Tempatnya pun mudah untuk dicapai, ada di Jalan Raya Kuta. Rumah Makan Plengkung juga sangat dekat dengan toko Joger. Yuukk... kita cobain makanan mereka.
Tempatnya sih tidak terlalu besar dan terbagi menjadi ruangan AC dan non-AC. Menurut saya, tempat ini cukup nyaman. Ada juga meja-meja yang ditempatkan di bawah saung. Oh ya, menu yang ditawarkan di sini adalah masakan khas Jawa dan seafood. Terjawab sudah kan kenapa tertulis nama Plengkung Banyuwangi, ternyata mereka menyajikan menu masakan Jawa.
Menurut pelayannya, makanan khas di Plengkung adalah Ikan Bakar, Udang Bakar, dan Ayam Penyet. Jadilah kami pesan semua menu tersebut, he-he-he.... Plus tambahan Ayam Bakar dan Ca Kangkung. Untuk ikannya, kami pilih Ikan Kerapu Bakar. Nyam nyam... tambah lapar nih perut mendengar nama Ikan Kerapu Bakar. Belum lagi ditambah mencium asap bakarannya, walahh... bikin enggak sabar untuk memakannya.
Tidak pakai lama, menu kami pun datang. Kerapu Bakar-nya memang enak lho, mantap deh rasanya. Udang bakarnya juga tidak kalah enak, dicampur dengan sambalnya... wah yummy. Nah ini dia menu pilihan saya, Ayam Penyet. Dan ternyata saya tidak salah pilih, ayam penyetnya enak banget. Sambalnya benar-benar membuat saya kepedasan. Akhirnya Ayam Bakar-nya pun kami makan dicampur dengan sambal penyetnya.
Puas banget kami makan di sini, menu yang kami pesan enak-enak semua.

No comments:

Post a Comment