Tuesday, August 6, 2013

Seafood Jumbo di Kota Udang




Kali ini saya pulang kampung ke Cirebon, kota yang terkenal dengan julukan Kota Udang. Tempat saya menghabiskan masa SMP sampai SMA. Setiap kali pulang kampung, tentu saja saya akan puas-puaskan diri makan makanan favorit saya disini. Sesuai dengan julukannya, Kota Udang, di sini banyak sekali tempat makan seafood, dari yang warungan sampai yang restoran.
Kali ini saya mengajak keluarga saya makan ke restoran seafood favorit keluarga kami, yaitu Jumbo Seafood yang berada di Jalan Siliwangi. Sangat mudah mencarinya karena Cirebon adalah kota kecil. Restoran Jumbo ini sudah lama sekali berdiri, saya lupa tepatnya tahun berapa mungkin dari tahun 90-an pun sudah ada.
Wow, sekarang sudah berubah tempatnya. Ternyata sudah direnovasi total. Jadi semakin rapih dan bagus. Disini selalu ramai, Jumbo memang tempat favorit banyak keluarga untuk makan malam. Tapi pasti kebagian meja kok, karena tempatnya sangat luas. Menu yang saya sukai disini adalah udang rebus dan kepiting saos padangnya. Sedangkan adik saya suka sekali dengan bawal putih bakar dan ikan kerapu bakar. Tapi sayang sekali saya kehabisan udang rebus.
Tidak diragukan lagi, seafood-nya fresh.... Rasa kepiting saos padang enak banget. Kepitingnya berukuran sedang, dan dagingnya manis, segar. Bumbu saos padangnya sedikit berbeda dengan saos padang ala seafood Jakarta. Kalau di Jumbo, saos padangnya berwarna coklat dan rasa pedasnya berasal dari irisan cabe rawit yang dimasak dengan kecap. Lezat lho bumbu saos padangnya.
Menu lain yang kami pesan adalah ikan kerapu bakar, cumi goreng tepung, dan capcay goreng. Ikan kerapunya berukuran sedang, dan kita beri perasan air jeruk purut dulu supaya rasanya lebih segar. Makan dengan sambalnya deh, enak banget. Kalau cumi goreng tepungnya ya oke-lah rasanya. Porsinya juga lumayan banyak.
O iya kalau sedang ada bawal putih, boleh tuh di coba, mau digoreng atau di bakar sama-sama enaknya. Terkadang disini juga ada kepiting soka goreng tepung. Sayang sekali waktu saya kesitu, bawal putih dan kepiting sokanya sedang tidak ada stok, jadi tidak bisa saya foto.

No comments:

Post a Comment