Tuesday, August 6, 2013

Nasi Gandul "Pak Dhe"

 


Wisata kuliner ke Kota Wisata Cibubur, ada apakah yang enak disini? Iya, kali ini kami pergi ke Cibubur karena diajak oleh Tante saya, Tante Ratna. Dia mau berkunjung ke rumah teman-nya yang ada di Kota Wisata Cibubur. Katanya ada tempat makan nasi gandul yang enak di komplek kota wisata tersebut. Wah... saya jadi penasaran. Karena jarang sekali bisa menemukan Nasi Gandul di Jakarta.
Setelah menjemput teman tante saya, kami langsung meluncur ke Warung Tenda Fresh Market Kota Wisata Cibubur. Disitu banyak sekali warung-warung tenda yang berjajar rapi dan bersih. Warung yang kami tuju sekarang adalah Warung Nasi Gandul Daging Sapi  “Pak Dhe”, persis berada disebelah warung tenda tahu telor Pak Man.
Rupanya Nasi Gandul Pak Dhe ini banyak penggemarnya, tempat makannya penuh. Hanya ada beberapa bangku yang tersisa, itu pun persis di depan kualinya .. ha-ha... Terus terang, ini baru pertama kalinya saya mencoba Nasi Gandul. Jadi penasaran akan rasanya.
Nasi Gandul adalah makanan khas dari kota Pati, Jawa Tengah, dan menurut saya mirip dengan nasi pindang. Cuma biasanya nasi pindang disajikan dengan daging ayam atau daging sapi (tanpa jeroan), sedangkan nasi gandul disajikan dengan lauk seperti bergedel, tempe, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi, dan lain-lain. Waw… jeroan, lezat tapi kolesterolnya lumayan tuh he-he... Cara penyajiannya juga mirip dengan nasi pindang, piringnya dialasi dengan daun pisang terlebih dahulu.
Nasi gandul ala Pak Dhe ini enak lho, kuahnya berwarna cokelat dan rasanya agak manis. Nyam nyam... lezat dan harumya khas sekali.  Rasa kuahnya sangat unik, karena campuran kluwak dan sari dagingnya. Daging sapinya pun empuk, begitu pula dengan jeroannya. Kapan-kapan harus dicoba lagi nih Nasi Gandul Pak Dhe, selain enak rasanya, harganya juga sangat terjangkau, Rp 15.000 sampai Rp 18.000.

No comments:

Post a Comment